Home » » Tipe dan Struktur Tombol Keyboard terbaru 2014

Tipe dan Struktur Tombol Keyboard terbaru 2014

Tipe dan Struktur Tombol Keyboard-

Keyboard atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan papan ketik ini merupakan perangkat keras dari komputer yang fungsinya untuk mengetik atau memasukkan angka, huruf maupun simbol-simbol tertentu ke dalam perangkat lunak atau sistem operasi yang sedang dijalankan oleh komputer. Papan ketik ini terdiri dari banyak tombol yang bentuknya kotak dengan angka, huruf maupun simbol yang dicetak di atasnya. Pada dasarnya terdapat beberapa jenis tata letak tombol yang ada, namun yang paling populer serta paling banyak digunakan yaitu tata letak QWERTY. Hal ini meniru sistem tata letak yang terdapat pada mesin ketik.
keyboard
Keyboard sendiri dapat dibedakan menjadi 4 tipe, yaitu :
  • Keyboard Serial
    Keyboard tipe ini umumnya digunakan di komputer tipe At serta menggunakan Din 5 male.
  • Keyboard PS/2
    Umumnya keyboard tipe ini digunakan di komputer tipe ATX serta merupakan jenis keyboard yang paling banyak digunakan. Port yang terdapat pada tipe ini jumlahnya sama dengan yang terdapat pada mouse.
  • Keyboard Wireless
    Keyboard ini sudah tidak menggunakan kabel sebagai media penghubungnya ke komputer melainkan sudah menggunakan infrared, bluetooth maupun wifi.
  • Keyboard USB
    Apabila kita melihat komputer terbaru sekarang ini, maka kita lebih sering melihat keyboard USB yang digunakannya. Jadi keyboard tipe ini bisa menjamin lebih cepat dalam mentransfer data.
Struktur Tombol yang terdapat pada Keyboard
Keyboard memang mempunyai perkembangan yang tidak begitu pesat sejak pertama kali ditemukan. Akan tetapi yang ada hanyalah penambahan terhadap beberapa tombol yang fungsinya lebih diperuntukkan untuk membantu supaya lebih cepat dalam membuka aplikasi maupun program-program.
Umumnya struktur tombol yang ada pada keyboard bisa dibagi dalam 4 bagian, yaitu :
  • Tombol Ketik
    Tombol ini merupakan salah satu dari bagian keyboard yang berisikan huruf serta angka maupun tanda baca lainnya. Secara umum, terdapat 2 jenis bentuk susunan keyboard yaitu DVORAK dan QWERTY.
  • Numeric Keypad
    Numeric keypad termasuk dalam bagian khusus dari keyboard yang didalamnya berisikan angka serta fungsinya untuk memasukkan data baik berupa angka maupun operasi perhitungan.
  • Tombol Fungsi
    Fungsi tombol ini pun digunakan untuk memberikan perintah khusus yang telah disertakan pada OS ataupun aplikasi.
  • Tombol Kontrol
    Tombol ini juga menyediakan kontrol pada layar dan kursor. Tombol ini termasuk di antaranya seperti control (ctrl), escape (esc), alternate (alt) dan lainnya.
Untuk tipe keyboard yang baru sekarang ini biasanya memiliki tambahan tombol fungsi yang ada di atas, hal ini digunakan untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer. Itulah ulasan mengenai tipe dan struktur pada keyboard.

0 komentar:

Posting Komentar