Home » » Mengenal Mouse, Si Penunjuk Layar terbaru 2014

Mengenal Mouse, Si Penunjuk Layar terbaru 2014

Mengenal Mouse, Si Penunjuk Layar-

Mouse atau yang juga memiliki nama lain tetikus ini adalah alat yang biasa digunakan untuk memasukkan data ke komputer. Karena kabelnya yang menjulur seperti ekor tikus itulah mengapa alat ini dinamakan tetikus. Alat ini dibuat pertama kali oleh Engelbart pada tahun 1963 dengan berbahan kayu dan hanya memiliki satu tombol, setelah itu model kedua alat ini muncul dan sudah memiliki 3 tombol. Di tahun 1970, Engelbart kembali memperkenalkan tetikus ini yang bisa mengetahui letak posisi X-Y dalam layar komputer yang diberi nama X-Y Position Indicator.
mouse
Secara umum bentuk dari tetikus ini mempunyai 2 tombol saja yang ada di bagian kiri dan kanan. Meskipun demikian, untuk komputer yang berbasis Macintosh umumnya menggunakan tetikus 1 tombol. Jadi tetikus ini memiliki cara kerja dengan menangkap gerakan yang ada dengan menggunakan bola yang menyentuh bagian permukaan rata. Akan tetapi berbicara mengenai tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, melainkan telah menggunakan sinar optik untuk mendeteksi gerakan-gerakan yang dilakukan. Bahkan sekarang ini tetikus jenis nirkabel juga marak digunakan baik yang berbasis infrared, radio ataupun bluetooth. Perkembangan dari teknologi tetikus sendiri telah memakai laser, sehingga resolusi yang didapat bisa mencapai 2000 titik/inci (dpi). Dan bahkan sudah bisa mencapai 4800 titik/inci (dpi). Umumnya tetikus seperti ini lebih diperuntukkan untuk penggemar video game.
Berikut ini beberapa jenis mouse yang bisa kita temui :
  • Mouse SerialMouse jenis ini memang sudah jarang digunakan oleh kebanyakan masyarakat. Umumnyamouse ini dipakai pada komputer terdahulu pentium 1 dan 2.
  • Mouse PS/2
    Mouse ini biasa digunakan untuk komputer pentium 3 dan 4.
  • Mouse USB
    Mouse yang satu ini sudah umum untuk digunakan masyarakat dan biasanya digunakan pada komputer pentium 3 dan 4.
  • Mouse Wireless
    Mouse yang masih dibilang baru ini sudah tidak menggunakan kabel lagi sebagai konektornya. Sekarang ini mouse wireless telah meluas digunakan di kalangan luas.
  • Mouse Optic
    Mouse yang satu ini sudah tidak menggunakan bola lagi sebagai menunjuk pointernya, melainkan dengan menggunakan sinar laser yang berwarna.
Pada dasarnya dengan keberadaan perangkat yang satu ini memudahkan pengguna komputer untuk menunjuk aplikasi maupun data yang tertera pada layar monitor, Oleh sebab itulah salah satu media input yang harus ada selain keyboard adalah mouse.

0 komentar:

Posting Komentar