Home » » Fungsi dari Casing Komputer dan Jenisnya terbaru 2014

Fungsi dari Casing Komputer dan Jenisnya terbaru 2014

Fungsi dari Casing Komputer dan Jenisnya-Casing komputer merupakan rumah atau kotak komputer yang mana sebagai tempat terletaknya motherboard, CPU, maupun perangkat keras yang lainnya. Selain itu casing tersebut juga dipergunakan untuk melindungi power supply, floppy drive, harddisk maupun komponen lain.
casing-komputer
Adapun fungsi utama dari casing komputer sebagai berikut :
  • Melindungi semua perangkat keras didalamnya dari panas, debu, air maupun kotoran lainnya yang bisa masuk ke dalam serta untuk melindungi dari kemungkinan terjadinya benturan.
  • Casing sangat berperan penting untuk keamanan semua perkakas di dalamnya seperti motherboard, prosesor maupun harddisk. Sebab perangkat seperti itu semuanya memiliki slot tersendiri yang terdapat di casing.
  • Exhaust fan berfungsi untuk pendingin ruangan dengan menggunakan casing untuk tempat beroperasi dalam mengatur suhu di dalam CPU.
  • Penting sebagai tempat meletaknya lampu-lampu dan juga slot yang ada di bagian casing. Jadi tujuannya supaya casing menjadi lebih menarik.
  • Berguna sebagai tempat dudukan untuk power supply yang bisa memberikan pasokan tenaga untuk semua komponen yang ada didalamnya.
Berikut ini jenis-jenis dari casing komputer dengan berdasarkan bentuknya :
  • Casing DesktopCasing komputer ini merupakan casing yang bentuknya layaknya kotak persegi serta memiliki ukuran yang kurang lebih sekitar 30 hingga 40 cm dan panjang 50 hingga 60 cm. Biasanya casing desktop digunakan tumpuan untuk monitor di atasnya. Casing komputer desktop kosong pun sekarang ini dipasarkan dengan sudah dilengkapi power supply unit, speaker dan juga lampu harddisk serta lampu turbo.
  • Casing TowerCasing komputer ini biasanya digunakan untuk komputer 80486 ke atas. Selain karena casing komputer ini memakan banyak tempat, menjadikan casing ini terasa lebih luas sehingga tidak mudah panas dan juga bisa dengan mudah untuk menambahkan komponen di dalamnya. Casing komputer jenis tower ini terdiri dari berbagai macam, diantaranya adalah :
    1. Mini Tower
    2. Middle Tower
    3. Mini Itx
Pada dasarnya semua itu sama, hanya yang membedakan adalah ukuran panjang, lebar maupun tingginya saja.
Itulah pengertian dari salah satu komponen terpenting dari komputer yang memiliki fungsi untuk melindungi semua perangkat keras yaitu Casing komputer.

1 komentar:

  1. Misi gan, izin share ya...

    AXIOO TNH C525X
    Price Rp 2.775.000

    Spesifikasi :

    Processor Onboard > Intel DualCore N2807-1.58Ghz
    Memori Standar > 2 GB DDR3
    Tipe Grafis > Intel HD Graphics
    Ukuran Layar > 14”
    Resolusi Layar > 1368 x 768
    Tipe Layar > LED
    Hard disk > 500 GB
    Optical Drive > NA
    Wireless Network > IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n
    Ports > 1 x USB 2.0 port
    > 1 x USB 3.0 port
    > 1 x HDMI port
    > 1 x Headset Connector
    > 1 x DC power
    > 1 x RJ45 ( 10/100/1000 )
    Dimensi (PTL) > 15 x 49 x 33 cm
    Berat > 1.7 Kg
    Garansi > 1 year limited warranty by Axioo Indonesia

    Kunjungi website kami untuk produk lainnya

    Pusat Belanja Komputer

    Terimakasih.... :)

    BalasHapus