Home » » Fungsi Baterai CMOS

Fungsi Baterai CMOS

Fungsi Baterai CMOS-

Baterai CMOS yang biasa disebut juga dengan CMOS RAM ini adalah baterai yang digunakan BIOS supaya tetap aktif walaupun saat itu sedang tidak ada aliran listrik. Pada setiap motherboard masing-masing terdapat 1 baterai yang sudah terpasang di tempatnya. Adapun ciri dari baterai tersebut yaitu bentuknya bulat pipih dan sama seperti yang digunakan di jam tangan. Sebenarnya CMOS itu merupakan singkatan dari Complement Metal Oxide Semiconductor. Apabila komputer tidak terpasang baterai tersebut, maka pesan eror pun akan terlihat ketika komputer melakukan booting serta apabila dalam keadaan tersebut komputer tetap dipaksa berjalan, tentu komputer akan beroperasi dengan menggunakan BIOS secara default setting.
baterai-cmos
Di bawah ini adalah fungsi utama dari baterai CMOS :Fungsi utama baterai tersebut yaitu menyuplai tenaga untuk BIOS dalam melakukan settingan pada matherboard. Perlu untuk diketahui bahwa BIOS adalah sebuah aplikasi asal dari matherboard untuk melakukan pengontrolan serta pendeteksian atas semua komponen-komponen yang terhubung ke motherboard. Dengan melalui BIOS anda bisa mempunyai pengaturan terhadap kinerjanya dan juga fungsi-fungsi pada sebuah motherboard. BIOS mempunyai chipset tersendiri di dalam sebuah matherboard, ukurannya pun sangat kecil sekitar 1 cm. Sementara di dekat chipset BIOS terdapat baterai CMOS. Adapun fungsi lainnya adalah untuk pengaturan waktu, baik itu jam dan tanggal yang ada di komputer.
  • BIOS Chipset
    Ketika kita menyalakan komputer untuk pertama kali, maka akan terlihat sebuah tampilan beberapa detik untuk bisa mensetting BIOS pada komputer. Tampilan seperti itu tidak lebih dari 5 detik lamanya sebelum komputer meload sistem operasi. Memang umumnya bagi orang yang masih awam masuk ke dalam BIOS tidak begitu dibutuhkan, sebab setting BIOS secara default pun sudah cukup. Kita bisa masuk ke dalam BIOS dengan memencet tombol F2 atau DEL, sebab tombol itulah yang biasa digunakan untuk masuk ke dalamnya.
  • BIOS ScreenKarena fungsi dari BIOS memang terbilang cukup penting di dalam komputer, begitu juga dengan peranan penting dari baterai CMOS yang mampu memasok tenaga untuk BIOS. Walaupun baterai tersebut sudah habis, maka BIOS masih bisa bekerja dengan menggunakan settingan yang lama tapi tidak bisa diubah-ubah. Sehingga apabila BIOS sudah tidak bisa melakukan tugas-tugasnya, maka kita tidak bisa melakukan perubahan-perubahan terhadap komputer kita.
Jadi kita bisa melakukan penggantian baterai tersebut ketika sudah berumur 5 tahun. Adapun cara untuk mengenali baterai yang telah habis yaitu dengan menempelkan baterai pada lidah. apabila sudah tidak ada sengatan kecil maka baterai sudah habis dan anda bisa mengganti baterai CMOS.

0 komentar:

Posting Komentar